Minggu, 08 Desember 2013

OLEH :
Yurnalis,S.E/ HARTAWAN HADI, S.Sos.I

Pemberdayaan masyarakat pada dasarnya merupakan proses penyadaran masyarakat agar masyarakat tesebut bias mengatasi masalahnya sendiri. Setiap anggota masyarakat dalam sebuah komunitas sebenarnya memiliki potensi, gagasan serta kemampuan untuk membawa dirinya dan komunitasnya untuk menuju ke arah yang lebih baik, namun potensi itu terkadang tidak bisa berkembang disebabkan faktor-faktor tertentu.
Seperti yang di  lakukan  oleh BKM Mayang Sari Kelurahan Pasar Melintang secara berlangsung 6 bulan sekalinya memberikan santuan untuk jompo hasil dari bungga investasi, para jompo yang di seleksi secara merata oleh ketua RT se-kel. Pasar melintang.

Ini merupakan suatu sistem yang sangat bermakna bagi kaum tidak mampun (jompo) mereka sanggat senang dengan investasi yg di lakukan secara terasparan oleh para penngelolah investasi tersebut karena pasti pada 6 bulan sekali mereka akan di santuni oleh hasil tersebut., Ini merupakan suatu keberlangsungan yang sangat harmonis dan patut di contoh oleh siapapun.
Dampak ataupun manfaat bagi kaum jompo sendiri sangat nampak terasa dengan hasil santunan ini mereka dapat memperbaiki tingkat kesejateraan terutama dari segi kesehatan., ada pendapat dari salah satu peneriman santuna yang bernama nenek tarsi mengatakan “ uang ini sangat bermanfat bagi kami nak untuk beli beras dan mungkin kalau ada lebih nya mungkin kami beli sedikit danging.., canda nenek tarsi.” Ini sangat jelas sekali bahwa santuan yang di beriakan hasil dari investasi ini sangat di harapkan oleh para jompo karena untuk kebutuhan sehari-hari.

Kegiatan ini sangat jelas berdampak baik bagi kaum jompo yang mungkin belum perna mendapat bantuan dari pemerintah ataupun pikah lain, harapan dari pengelolah  mungkin kegiatan-kegiatan seperti ini dapat menjadikan sebuah tauladan yang mana bisa berbagi untuk sesamanya.
Demikianlah suatu cerita yang mana hasil investasi yang di pinjamkan ke pengelolah sangat di tunggu para kau jompo, sekian dan terimah kasih.
Sumber,
BKM “ Maya Sari” Kel. Pasar Melintang  Kecamataan Teluk Segara Kota Bengkulu.
Kegiatan : Investasi ( santunan Jompo ).


0 komentar:

Posting Komentar