Selasa, 19 November 2013

Kelurahan Belakang Pondok

Oleh: Ningsih (Tim 4)


Jon Nafri merupakan salah satu pemilik usaha warung nasi yang merupakan anggota KSM Kenanga dibawah binaan UPK-BKM Pondok Damai Kelurahan Belakang Pondok Kecamatan Ratu Samban Kota Bengkulu yang memanfaatkan pinjaman dana bergulir dari PNPM Mandiri Perkotaan untuk pengembangan usahanya.

Pada awal tahun 2008, KSM Kenanga mengajukan proposal kepada UPK-BKM Pondok Damai sebesar Rp. 3.000.000,- dengan jumlah peminjam sebanyak     6 orang yang besar pinjamannya        Rp. 500.000,- per orang. Alhamdulillah proposal tersebut disetujui oleh UPK-BKM, Anggota BKM dan Fasilitator Ekonomi sehingga dana tersebut dapat disalurkan ke KSM Kenanga pada bulan April tahun  2008.
Dana tersebut dimanfaatkan Jon Nafri untuk membeli kebutuhan usaha seperti sayur mayur dan lauk pauk untuk kebutuhan warung nasinya. Hasil usaha tersebut disisihkan oleh Jon Nafri untuk membayar angsuran pinjaman dana bergulir setiap bulannya sebesar             Rp. 345.000,- dengan rincian angsuran pokok sebesar Rp. 300.000,- dan bunga sebesar Rp. 45.000,- selama 10 bulan.

Karena KSM Kenanga lancar membayar angsuran pinjamannya, maka KSM Kenanga mendapatkan reward berupa pemberian pinjaman yang lebih besar dari nilai pinjaman sebelumnya. Hingga saat ini, KSM Kenanga telah mendapat pinjaman dana bergulir sebesar Rp. 12.000.000,- dengan besar pinjaman Rp. 2.000.000,- per orang.
Dana tersebut dimanfaatkan oleh Jon Nafri untuk menambah modal pembangunan warung nasi dengan nama Ampera Familiy secara permanen agar para pembeli dapat lebih nyaman menikmati santapannya.

Untuk mendukung pengembangan usaha warung nasi tersebut, maka UPK-BKM Pondok Damai menyarankan Jon Nafri untuk memanfaatkan pinjaman dana DDUB. Saran tersebut disambut baik oleh Jon Nafri dengan membuat proposal usulan pinjaman dana bergulir untuk kegiatan usaha warung nasi sebesar       Rp. 4.000.000,- dengan lama pinjaman 12 bulan dan bunga sebesar 0,5%. Pada bulan Februari 2011, usulan tersebut direalisasikan kepada Jon Nafri sebesar Rp. 4.000.000,- sesuai dengan usulan dalam proposalnya.
Omset yang awalnya hanya sebesar Rp. 1.000.000,- per hari, sekarang sudah mencapai Rp. 3.000.000,- per hari.
Jon Nafri merasa sangat senang dan mendukung program PNPM Mandiri Perkotaan terutama kegiatan pinjaman dana bergulir karena dapat membantu meningkatkan ekonomi keluarga dan pengembangan usaha kecil yang ada di Kelurahan Belakang Pondok Kecamatan Ratu Samban.



2 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  2. Halo semua,
    Nama saya Tuan Rugare Sim. Saya tinggal di Belanda dan saya orang yang bahagia hari ini? dan saya memberi tahu diri saya bahwa pemberi pinjaman mana pun yang menyelamatkan saya dan keluarga saya dari situasi miskin kami, saya akan merujuk siapa pun yang mencari pinjaman kepadanya, dia memberi kebahagiaan kepada saya dan keluarga saya, saya membutuhkan pinjaman € 300,000.00 untuk memulai hidup saya dari awal karena saya seorang Ayah tunggal dengan 2 anak, saya bertemu dengan pemberi pinjaman yang jujur ​​dan takut akan Allah ini yang membantu saya dengan pinjaman €300,000.00, dia adalah pria yang takut akan Allah, jika Anda membutuhkan pinjaman dan Anda akan membayar kembali pinjamannya, silakan hubungi dia, beri tahu dia bahwa (Tuan, Rugare Sim) merujuk Anda kepadanya. Hubungi Bapak, Mohamed Careen melalui email: (arabloanfirmserves@gmail.com)


    FORMULIR INFORMASI APLIKASI PINJAMAN
    Nama depan......
    Nama tengah.....
    2) Jenis Kelamin: ........
    3) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: .........
    4) Durasi Pinjaman: ........
    5) Negara: ........
    6) Alamat Rumah : ........
    7) Nomor Ponsel: ........
    8) Alamat email ..........
    9) Pendapatan Bulanan: ........................
    10) Pekerjaan : ..................................
    11) Situs mana yang Anda kunjungi di sini tentang kami ........................
    Terima kasih dan Salam Hormat.
    Email arabloanfirmserves@gmail.com

    BalasHapus