Kamis, 28 November 2013

                                        
Oleh: Yuli Fitria, SE

Sebenarnya Sudah banyak program pemerintah untuk masyarakat yang bertujuan supaya masyarakat dapat meningkatkan taraf hidup mereka kearah yang lebih baik dan bisa keluar dari garis kemiskinan. seperti dinas pertanian dan perikanan yang memberikan bantuan bibit tapi bibitnya di jual atau tidak dimanfaatkan,dinas peternakan yang memberikan sapi tapi sapinya di jual dengan alasan ada yang mati dan tidak bisa berkembang dan masih banyak lagi  instansi lainnya yang ditunjuk pemerintah untuk membantu masyarakat.
Salah satu program pemerintah yang lain yaitu melalui PNPM MP dimana tujuan dari program ini adalah supaya masyarakat miskin dapat terbantu dan diharapkan kedepannya masyarakat miskin bisa keluar dari garis kemiskinan melalui kegiatan-kegiatan yang ada di PNPM MP seperti  3 kegiatan (Tridaya) ini yaitu kegiatan lingkungan,kegiatan Sosial dan kegiatan ekonomi.
Kegiatan yang kita angkat sekarang adalah di bidang ekonomi dimana dalam kegiatan ini melalui UPK akan memberikan pinjaman kepada masyarakat secara bergulir, pinjaman ini diberikan kepada kelompok yang mempunyai usaha terutama masyarakat miskin yang mempunyai modal terbatas untuk mengembangkan usahanya dan masyarakat miskin yang belum mempunyai usaha tapi ingin berusaha cuma  tidak mempunyai modal untuk berusaha.

Supaya dalam pemberian pinjaman bergulir tidak terjadi kemacetan dan tunggakan maka    BKM/LKM dan UPK akan melakukan beberapa tahap pelaksanaan seperti:

1.      Sosialisasi kepada RT-RT supaya RT juga ikut bertanggung jawab kepada warganya yang meminjam dana ekonomi bergulir bahwa kelurahan kita mendapat bantuan dana dari pemerintah yang dipinjamkan secara bergulir kepada masyarakat sehingga harus dikembalikan (bukan hibah) setelah itu RT tersebut akan  memberitahukan kepada warganya terutama warga miskin yang punya usaha dan mau berusaha tapi  tidak ada modal untuk dapat mengajukan pinjaman kepada BKM/LKM melalui UPK.
2.     BKM/LKM dan UPK menyeleksi penerima manfaat   pinjaman bergulir  baik dengan cara bertanya kepada ketua RT atau langsung survey ke peminjam sehingga diketahui apakah masyarakat  peminjam ini masuk data PS 2 (warga miskin).   
3.        Setelah penerima manfaat  lulus ferifikasi dan terbentuk suatu kelompok yang disebut KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) maka  Faskel dan UPK membimbing  membuat proposal pinjaman  dimana dalam pembuatan proposal ini diterangkan kepada KSM aturan main dalam meminjam dana bergulir  seperti jumlah angsuran,jasa pinjaman,jangka waktu pinjaman dan sanksi jika terjadi kemacetan dll.
4.        Setelah  proposal selesai dan sudah dijilid  serta  administrasi lengkap   baru pinjaman dapat dicairkan.
5.  Jika terjadi kemacetan yang sangat parah setelah dikasih SP (Surat Peringatan) 3x maka BKM/LKM,UPK dan dibantu Faskel akan langsung menagih ke KSM.




2 komentar:

  1. Apakah Anda membutuhkan kredit yang mendesak?

    * Transfer Sangat Cepat dan Instan ke rekening bank Anda
    Bayar kembali bulan setelah Anda mendapatkan pinjaman di bank Anda
    akun bank
    * Suku bunga rendah 2%
    * Pembayaran jangka panjang (1-30) tahun Panjang
    * Pinjaman fleksibel dan gaji bulanan
    *. Berapa lama untuk membiayai? Setelah mengajukan pinjaman
    Anda mungkin mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 48 jam setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
    Dari para kru Di perusahaan pinjaman ROSSA STANLEY, kami adalah perusahaan pembiayaan yang berpengalaman yang menyediakan fasilitas pinjaman yang mudah, tulus, serius, korporasi, hukum dan publik dengan bunga 2%. Kami memiliki akses ke koleksi uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecil atau besar, kami memiliki uang tunai. Yakinlah bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda.

    Hubungi perusahaan pinjaman yang sah dan dapat dipercaya dengan rekam jejak layanan yang memberikan kebebasan finansial kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa.
    Untuk informasi lebih lanjut dan pinjaman yang diminta untuk mengatur bisnis Anda, beli rumah, beli mobil, liburan, hubungi kami melalui,

    E-mail resmi: rossastanleyloancompany@gmail.com
    Instagram resmi: Rossamikefavor
    Twitter Resmi: Rossastanlyloan
    Facebook resmi: rossa stanley mendukung
    CSN: +12133153118
    untuk respon cepat dan cepat.
    Silakan mengisi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan menghubungi Anda lagi, Kami tersedia 24/7

    DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:

    2) Negara:

    3) Alamat:

    4) Jenis Kelamin:

    5) Status Perkawinan:

    6) Pekerjaan:

    7) Nomor Telepon:

    8) posisi di tempat kerja:

    9) Penghasilan Bulanan:

    10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:

    11) Jangka Waktu Pinjaman:

    12) nama facebook:

    13) Nomor Whatsapp:

    14) Agama:

    15) Tanggal lahir:

    SALAM,
    Mrs.Rossa Stanley Favor
    ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
    Email rossastanleyloancompany@gmail.com

    BalasHapus

  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus