Selasa, 19 November 2013

Memelihara Drainase
(BKM Jaya Maju)

Oleh: (Jun Mahdi Teknik TF 02)

PNPM-MP atau P2KP telah masuk di Tanjung Jaya sejak tahun 2006.  Telah banyak pembelajaran yang bisa diambil untuk kemajuan ke depannya. Walaupun dengan segala kekurangan yang ada didalam “tubuh” BKM Jaya Maju tetapi disisi lain ada kebaikan dari masyarakatnya. Hal ini terlihat sudah perlahan-lahan timbulnya rasa memiliki dan merasakan manfaat bangunan yang sudah dibangun oleh warga melalui KSM dengan dana BLM PNPM MP.

Photo saat dibangun 2010
Photo saat dibangun 2010
Photo tahun 2012 pengambilan Titik GPS


Drainase yang di bangun pada BLM 3 2011 itu telah terasa dampaknya bagi warga sekitar. Dimana selama ini kalau hujan yang turun cukup lama akan meggenangi rumah warga sekitar. Tetapi sekarang hal itu tidak lagi. Berkat kesepakatan BKM berdasarkan usulan warga menentukan kegiatan prioritas. Walaupun sebenarnya telah terjadi perubahan kegiatan dari perencanaan Bappuk awak dikarenakan rencana Bappuk awal kegiatannya sudah dilaksanakan oleh dinas PU.

Karena itulah warga dua minggu satu kali dalam satu bulan melakukan kegiatan gotong royong membersihkan drainase tersebut walaupun hanya sekedar menyemprot rumput-rumput yang ada disekitar. Dan dikoordinir oleh RT yang juga anggoto BKM yang saat sebelum dibangun sudah member jaminan kepada Fasilitator untuk menggerakkan semangat gotongroyong warganya.

0 komentar:

Posting Komentar