Selasa, 19 November 2013

 By . Meri Noprita, S.E / Fas. Ekonomi TF 02 Bengkulu

UPK BKM “Jaya Maju” Kelurahan Tanjung Jaya, sudah lama menggulirkan dana bergulir dari tahun 2007. Pada awal bergulir masyarakat rajin untuk membayar, tapi kemudian terjadi kemacetan total, masyarakat tidak mau lagi membayar ini di karenakan di tengah masyarakat bergulir isu bahwa dana ini tidak perlu lagi di kembalikan karena ini dana hibah dari pemerintah, Sehingga mereka berjamaah untuk tidak membayar. Banyak sudah usaha yang sudah dilakukan, oleh UPK, BKM, Faskel dan pihak kecamatan, tapi belum juga berhasil.
Namun dari 33 KSM yang meminjam hanya 2 KSM lagi yang masih mau membayar. Mereka sadar bahwa ini adalah dana masyarakat, yang di amanah kan pemerintah kepada masyarakat untuk membantu perekonomian mereka. Dan juga bahwa ini adalah hutang yang juga harus mereka pertanggungjawabkan secara pribadi kepada Allah SWT . sehingga mereka tidak tergoda dengan yang lain.


Salah satu nya adalah KSM Jaya Sejahtera yang beranggotakan 9 orang, mereka berharap sisa dana yang ada ini bisa terus dikelola untuk digulirkan lagi dengan pinjaman yang lebih besar, untuk membantu permodalan dan membantu perekonomian mereka. Harapan besar dari mereka ini untuk mendapatkan tambahan dana yang lebih besar dari program, namun itu tidak mungkin terwujud karena kesalahan dari warga mereka yang berjamaah untuk tidak mengembalikan pinjaman tersebut. Dan menganggap itu hibah.


0 komentar:

Posting Komentar