Rabu, 20 November 2013


 Oleh Tim 2

Dalam pelaksanaan refleksi kemiskinanan yang telah kami lakukan di klurahan Surabaya sangat memberikan kesan yang baik dan sangat antusias untuk memberikan pemberdayaan kepada masyarakatnya. Solidaritas  tokoh masyarakat di daerah ini tinggi untuk membantu penduduk yang miskin. Walaupun penduduk di kelurahan ini mayoritas penduduknya memiliki tingkat ekonomi tinggi, akan tetapi mereka tidak pernah lepas dari azas kekeluargaan yang saling membantu antara satu sama lain demi kemajuan daerah mereka sendiri.
Dari 20 RT yang kami laksanakan refleksi kemiskinan, ada beberapa RT yang memiliki solidaritas dan antusias tinggi untuk meningkatkan taraf hidup penduduknya, khususnya RT 04 yaitu Ibu  Ruzilah dan Darmiah dimana mereka sangat memperhatikan masyarakatnya, terutama untuk KK yang dikategorikan miskin, dengan kebijakan yang mereka miliki, masyarakat sekitar sangat segan dan menganggagumi mereka berdua sebagai tim pemandu  RT mereka. Pada saat diberikan bantuan untuk penduduk miskin, di RT ini yang pembagiannya merata sesuai dengan status ekonominya. Pada saat diturunkan dana bergulir, tim pemandu P2KP ini menjadi sangat berperan dalam merealisasikan dana tersebut dengan baik, sehingga masyarakatnya merasa tidak ada yang seperti dianaktirikan.
Didaerah kelurahan Surabaya ini juga telah ada dilaksanakan pembangunan-pembangunan yang telah terealisasi seperti di bidang lingkungan yaitu siring, rabat beton, pembuatan jalan gang, dan pebangunan jembatan. Di bidang sosial seperti pembagian tenda dan kursi, di bidang ekonomi yaitu dana bergulir yang di khususkan untuk KK miskin. Dimana semua bangunan dan kebijakan  tersebut sangat diperlukan oleh masyarakat sekitar daerah ini.

Kami sebagai fasilitator juga sangat berterima kasih sekali kepada semua Ketua RT di kelurahan Surabaya, karena sudah ingin berkerja sama dengan tim kami untuk meningkatkan derajad dan kesejahteraan masyarakat khusunya di daerah Surabaya ini. Berkat bantuan dari mereka kami bias mengetahui bagaimana kondisi masyarakat yang ada didaerah ini, ternyata pendudknya masih memerlukan pembinaan yang lebih baik lagi supaya mereka dapat melakukan pemberdayaan dan memiliki swadaya yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar