Selasa, 19 November 2013

KEGIATAN EKONOMI BERGULIR
MEMBANTU PEREKONOMIAN MASYARAKAT
 KELURAHAN BENTIRING

Oleh: Meri Noprita, S.E / Fas. Ekonomi TF 02 Bengkulu

Kegiatan Program Nasional Pemberdayaan masyarakat mandiri Perkotaan (PNPM Mandiri Perkotaan) meliputi kegiatan tridaya yaitu kegiatan Lingkungan, Ekonomi, dan social. Salah satu kegiatan ekonomi adalah pinjaman dana bergulir, Kegiatan perguliran diharapkan dapat berjalan dan berkelanjutan., karena kegiatan ini adalah salah satu media pembelajaran bagi masyarakat dan disisi lain dengan adanya perguliran dapat menciptakan peluang usaha dalam rangka meningkatkan pendapatan keluarga.
Kegiatan KSM Mawar melalui penjualan sapi membantu warga kurang mampu / miskin
Penyerahan bantuan dari laba UPK kepada warga Lansia/ Jompo miskin
Tingkat keberhasilan kegiatan ekonomi bergulir yang dikelola oleh Unit Pengelola Keuangan ( UPK ) dipengaruhi oleh banyak aspek, baik dari KSM, BKM maupun pihak-pihak lain yang mempengaruhi keberhasilan perguliran. Kunci uama keberhasilan kegiatan ekonomi bergulir adalah proses awal pembentukan KSM. Syarat utama proses pembentukan KSM ekonomi bergulir adalah: mempunyai tujuan yang sama, kesamaan kegiatan dan usaha, kesamaan lokasi dan tempat tinggal, niat pembelajaran yang sama. Dan masih banyak lagi factor lain yang mempengaruhi tingkat keberhasilan pengelolaan dana bergulir, salah satu nya adalah peran fungsi UPK, sebagai motor penggerak dalam proses pengelolaan dana ekonomi bergulir, komitmen dan etos kerja yang tinggi dari personil UPK sangat berpengaruh terhadap keberhasilan kegiatan ekonomi bergulir.
Badan Keswadayaan Masyarakat ( BKM ) “ Sejahtera “ Bentiring berdiri pada tanggal 23 september 2006, dipilih secara Demokratis dan dicatatkan pada notaries. BKM “ Sejahtera” Kelurahan Bentiring dengan secretariat nya di Jl. Samsul Bahrun Rt 01 RW 01 No.28 Kelurahan bentiring, Dengan jumlah anggota 13 orang, sebagai pimpinan kolektif  dan di koordinasi oleh seorang coordinator Bapak Herman Junaidi, S.Km, dan Unit pengelola keuangan di manajeri oleh Ibu Istinawati.
UPK BKM “Sejahtera” Bentiring mendapatkan alokasi dana untuk modal bergulir dari BKM adalah sebesar Rp.97.500.000,-. Dan kegiatan perguliran ini telah berjalan semenjak bulan September 2007, dengan melibatkan 21 KSM sebagai penerima pinjaman bergulir dengan jumlah KK yang terlibat sebanyak 195 orang. Dan hingga sekarang modal yang digulirkan sudah berkembang sangat signifikan dan sekarang modal yang dialokasikan menjadi Rp.125.500.000,- dengan jumlah KK yang telah terlayani perguliran menjadi 224 orang.
Dalam rangka menjamin kelangsungan perguliran dan tidak terjadi pinjaman bermasalah ditingkat KSM dan agar terjalin kepedulian dan kebersamaan antar anggota KSM maka diwajibkan KSM untuk menyiasatinya dengan tabungan tanggung renteng sebesar 10 % dari pokok pinjaman, dan ditambah dengan jasa pinjaman 1,5% setiap bulannya. Tabungan tanggung renteng dimaksudkan sebagai agunan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan atau pinjaman bermasalah sampai akhir pinjaman dari KSM dan apabila tidak terjadi masalah sampai akhir pinjaman maka tabungan akan dikembalikan. Dan KSM yang membayar tepat waktu pada stiap bulannya akan diberikan Insentif Pembayaran Tepat Waktu, sebagai reward/penghargaan kepada mereka untuk mendorong KSM yang lain membayar tepat waktu.
Pada setiap akhir tahun setelah pembagian SHU, BKM dan UPK mengalokasikan sebagian laba UPK untuk kegiatan social. Diantaranya UPK BKM “ Sejahtera’ menyalurkan bantuan berupa sembako kepada lansia, Jompo dan janda miskin sebanyak 60 orang dan juga pada saat hari raya idul fitri UPK pun membagi minuman kaleng dan sirup kepada anggota KSM. Dan menjelang hari raya idul firi UPK membentuk KSM Mawar yang anggota nya terdiri dari pengurus UPK dan juga relawan, untuk membeli sapi sebanyak 2 ekor, di mana daging sapi ini akan dijual kepada masyarakat dan keuntungan dari penjualan daging sapi ini akan disalurkan kepada  masyarakat yang kurang mampu. kegiatan ini pun akan rutin dilaksanakan oleh BKM setiap tahunnya untuk membantu masyarakat miskin. 

0 komentar:

Posting Komentar