Rabu, 20 November 2013


Oleh Fasilitator Pemberdayaan TF 05: Meiza Ramadanti S.Pd, Septy Ayunda, SH

Seperti yang telah di ketahui bahwa program PNPM P2KP telah menyentuh kelurahan Bajak sejak tahun 2006. Berbagai macam bentuk bantuan di berbagai bidang telah masuk ke kelurahan ini, baik dari bidang fisik maupun sosial dan keuangan. Melalui program pnpm p2kp ini pula telah banyak perkembangan dan kemajuan yang dirasakan langsung oleh masyarakat kelurahan bajak sehingga membuat antusias masyarakat untuk mengembangkan dan memberdayakan aset-aset yang ada di kelurahan tersebut menjadi meningkat.  Program yang tepat sasaran serta di dukung oleh antusias masyarakat yang tinggi sehingga mampu mengantarkan Bajak menjadi kandidat kelurahan terbaik di tingkat provinsi.

Kelurahan ini mampu menjadi yang terbaik dari berbagai aspek. Salah satunya dari aspek pendidikan yang ditunjukkan dengan menurunnya angka buta aksara dan anak putus sekolah. Dari aspek kesehatan, menurunnya angka kematian ibu hamil, kurangnya permintaan fogging serta lingkungan yang terjaga  karena telah dilengkapi dengan drainase. Dari aspek ekonomi kerakyatan, pertumbuhan ekonomi perkapita masyarakat kelurahan bajak meningkat, hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya daya beli masyarakat, mampu menciptakan lapangan kerja sendiri serta tumbuhnya usaha produktif. Hal ini dikarenakan juga letak kelurahan bajak yang berada diantara permukiman pendidikan dan pariwisata sehingga membuat mobilitas masyarakat di kelurahan ini terbilang tinggi.
Dari aspek keamanan dan ketertiban, kelurahan Bajak termasuk aman dan terkendali serta  kriminalitas menurun. Dari aspek partisipasi masyarakat, hampir semua masyarakat kelurahan bajak memliki partisipasi yang tinggi. Hal ini terlihat dari adanya persatuan gotong royong yang ada disetiap RT, hampir 85% masyarakat bajak aktif berpartisipasi dalam pemilu, serta tumbuhnya berbagai organisasi kegiatan masyarakat seperti Karang Taruna, organisas Taklim, organisasi Risma untuk pemuda dan pemudi kelurahan tersebut, adanya Struktur RT, serta organisasi PKK yang aktif. (sumber : Hasil wawancara dengan kepala kelurahan Bajak Bapak Ahmad Kusen, S.STP)

0 komentar:

Posting Komentar