Kamis, 28 November 2013


Oleh    : Ari bermin (TF 06)

BKM “Maju Bersama” merupakan Badan Keswadayaan Masyarakat yang ada di kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Muara Bangkahulu kota Bengkulu. Pada Tahun 2012 kemarin, di Kelurahan ini mendapatkan dana tambahan untuk perguliran ekonomi yaitu PPMK (peningkatan penghidupan masyarakat berbasis komunitas) dimana dana ini bersumber dari APBN. Program PPMK ini juga merupakan suatu bentuk penghargaan ataupun reward atas kinerja yang baik yang telah ditunjukkan oleh BKM dan UPK (unit pengelolaan keuangan) “maju bersama” dalam menjalankan kegiatan ekonomi bergulir di kelurahan rawa makmur. Mereka telah mampu menciptakan KSM (kelompok swadaya masyarakat) yang dapat dipercaya, bertindak kooperatif, serta mampu mengembalikan pinjaman dengan lancar, sehingga program dana bantuan Rp, 100 Juta ini layak berlabuh di kelurahan rawa makmur.
“Budi makmur” merupakan salah satu kelompok KSM PPMK yang ada di kelurahan rawa makmur. Kelompok ini diketuai oleh bapak saimin yang merupakan salah seorang pedagang bakso keliling. Dana Rp, 30 Juta rupiah telah dipercayakan oleh BKM dan UPK untuk dipinjamkan dan di kelola oleh kelompok KSM ini. Sejauh ini, KSM “budi makmur” juga telah menunjukkan kerja sama yang baik dalam internal kelompok KSM ataupun dengan BKM dan UPK. Pinjaman KSM “budi makmur” terbilang lancar dalam pengembalian setiap bulannya dan tidak pernah ada yang menunggak. Hal ini menunjukkan bahwa mereka telah melakukan pengelolaan pinjaman PPMK dengan baik untuk usaha yang mereka tekuni, dan memberikan mereka tambahan income (penghasilan) sehingga kelompok ini dapat membayar angsuran pinjaman tepat waktu.


Seperti yang telah di perlihatkan oleh pak saimin selaku ketua KSM, kesuksesan telah dia rasakan setelah mendapatkan tambahan modal dari program PPMK ini. Awalnya dia hanya seorang pedagang bakso keliling. Akan tetapi karena dia mampu memanajemen pinjaman dengan baik, sekarang dia telah berhasil melakukan ekspansi usahanya dengan mendirikan sebuah usaha Bakeri (roti) dan mengembangkan pemasaran baksonya hingga keluar kota. Atas keberhasilan tersebut, pada saat ini pak saimin telah mampu menciptakan 8 lapangan pekerjaan dan memperoleh keuntungan Rp, 8 juta hingga Rp,10 juta. Program PPMK ternyata mampu membawa dampak yang positif bagi para peminjam (kelompok KSM) nya selagi KSM tersebut mampu mengelolanya dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar