Selasa, 19 November 2013

UPK, SEKRETARIAT DAN DEWAN PENGAWAS SEKECAMATAN SUNGAI SERUT
( By . Meri Noprita, S.E / Fas. Ekonomi TF 02 Bengkulu)

Peningkatan kapasitas masyarakat dilakukan dengan berbagai cara salah satu nya adalah dengan pelatihan, pelatihan masyarakat khususnya bagi UPK, dewan pengawas, dan secretariat sekecamatan sungai serut dilaksanakan pada tgl 23,24,dan,25 januari 2012. Keaktifan UPK, dewan pengawas dan secretariat patut diacungkan jempol, mereka bersemangat dan aktif mengikuti pelatihan. Pelatihan juga diisi oleh nara sumber dari pihak konsultan manajemen, korkot, PU, PJOK, lurah, BKM, UPK dan secretariat.
Belajar bersama

Disini mereka bisa berbagi pengalaman, belajar bersama, dan juga curhat bagaimana kegiatan ekonomi bergulir yang macet, dan solusi nya bagaimana. Nara sumber UPK kampung kelawi menceritakan bagaimana dia dengan susah payah untuk menagih setiap harinya ke KSM dana bergulir setiap harinya dan memberikan masukan kepada peminjam bahwa pinjaman ini harus dibayarkan dan akan digulirkan kembali. Dan perjuangan nya tidak sia-sia, KSM yang macet mau membayar dan akhirnya mereka mendapatkan dana DDUB untuk tambahan modal pinjaman dana bergulir. Dan alhamdulliah sampai sekarang lambat laun kesadaran masyarakat untuk membayar semakin lancar. Dari cerita UPK kampung kelawi ini memberikan pencerahan bagi kelurahan lain di kecamatan sungai serut untuk kembali bersemangat dan optimis bahwa kemacetan ini bisa teratasi. Mereka bersepakat akan memperbaiki pinjaman ekonomi bergulir di kelurahan masing-masing.
Senyum manis peserta pelatihan

Begitu juga ketika pelatihan diisi oleh secretariat tanjung agung ibu desi nopriyensi mengenai pembukuan secretariat, peserta pelatihan aktif dan serius mengikuti dengan sungguh-sungguh, apalagi ada 3 kelurahan sekretaris  BKM yang baru bergabung di BKM, mereka antusias untuk belajar mengenai pembukuan. Semoga dengan pelatihan cluster ini bisa memberikan pembelajaran, semangat dan harapan yang positif untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat miskin di kelurahan masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar