Selasa, 19 November 2013

IPTW ( INSENTIF PEMBAYARAN TEPAT WAKTU )
MEMBANGKITKAN SEMANGAT UNTUK TIDAK MACET
( By . Meri Noprita, S.E / Fas. Ekonomi TF 02 Bengkulu)

Kegiatan Program Nasional Pemberdayaan masyarakat mandiri Perkotaan (PNPM Mandiri Perkotaan) meliputi kegiatan tridaya yaitu kegiatan Lingkungan, Ekonomi, dan social. Salah satu kegiatan ekonomi adalah pinjaman dana bergulir, Kegiatan perguliran diharapkan dapat berjalan dan berkelanjutan. karena kegiatan ini adalah salah satu media pembelajaran bagi masyarakat dan disisi lain dengan adanya perguliran dapat menciptakan peluang usaha dalam rangka meningkatkan pendapatan keluarga.
Tingkat keberhasilan kegiatan ekonomi bergulir yang dikelola oleh Unit Pengelola Keuangan (UPK) dipengaruhi oleh banyak aspek, baik dari KSM, BKM maupun pihak-pihak lain yang mempengaruhi keberhasilan perguliran. salah satu nya adalah peran fungsi UPK, sebagai motor penggerak dalam proses pengelolaan dana ekonomi bergulir, komitmen dan etos kerja yang tinggi dari personil UPK sangat berpengaruh terhadap keberhasilan kegiatan ekonomi bergulir.

Senyum sumringah anggota KSM yang mendapat IPTW
Berbagai cara dilakukan UPK dengan didampingi Fasilitator untuk mencari bagaimana solusi supaya mengatasi kemacetan pinjaman dana bergulir. Untuk memancing masyarakat peminjam agar semakin semangat untuk membayar angsuran pinjamannya, pada akhir tahun 2011 ini UPK BKM “ Pancur Mas “ menyisihkan sedikit dari jasa pinjaman dari dana DDUB, untuk membeli bahan sembako yang diberikan kepada anggota KSM yang lancar membayar atau lebih dikenal dengan insentif pembayaran tepat waktu ( IPTW ) bagi KSM yang tidak pernah menunggak setiap bulannya. Dan ini terbukti bisa berhasil untuk memancing sedikit dari anggota lama yang belum membayar untuk berangsur-angsur membayar, dan bagi anggota yang baru berlomba-lomba supaya tidak menunggak di bulan berikutnya. Dan Alhamdulillah pada bulan ini banyak anggota yang membayar angsuran pinjaman.


0 komentar:

Posting Komentar