Selasa, 19 November 2013

Best Practice*
Oleh Tim 5

Geliat penanggulangan kemiskinan di kota Bengkulu masih terus dirasakan dengan adanya kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh teman-teman fasilitator se Provinsi Bengkulu. Di bawah program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perkotaan (PNPM-MP), seluruh kegiatan tridayanya telah sampai pada tahap realisasi kegiatan.

Untuk melihat realisasi kegiatan dari Tridaya bidang kegiatan, teman-teman fasilitator khusunya tim fasilitator 03, dimana tim fasilitator 03 dipercaya mendampingi 09 kelurahan turun kelapangan untuk melihat langsung realisasi kegiatan yang telah di persiapkan sebelumnya.
Kali ini kegiatan yang akan dilihat ialah bidang lingkungan. Teman-teman Faskel 03 turun ke lapangan untuk melihat realisasi kegiatannya di kelurahan Padang Harapan, Pagar Dewa dan Betungan. Dari pagi sekali Anggota tim sudah siap untuk turun kelapangan dengan didampingi Askot infra Aji suseno. Teman-teman faskel meluncur ke lokasi untuk melihat warga yang menerima manfaat dari kegiatan lingkungan. Sekitar pukul 10.00 wib teman-teman Faskel meluncur ke Kelurahan Padang Harapan, tiba di sepetak tanah di kawasan jalan Barito, Kayuhan cangkul Pak Supardi menyambut kedatangan kami serombongan. Pak Supardi mendapat bantuan bedah rumah dari Program PNPM-MP. Pak Supardi sangat senang mendapat bantuan bedah rumah, pasalnya bapak 4 anak ini merasa sangat terbantu dengan adanya program bedah rumah ini.

Sekitar pukul 13.00 wib rombongan tim Faskel 03 ditemani Askot Infra pamit undur diri untuk melanjutkan tinjauan realisasi kegiatan lingkungan menuju ke kelurahan Pagar dewa. Sesampai di Pagar Dewa tepatnya di rumah Koordinator BKM Dewa Mandiri, yaitu Bapak Sirat Iskandar. Rombongan langsung meninjau ke rumah Pak Sirat, Pak Sirat selaku koordinator BKM mendapatkan bantuan bedah rumah juga. Di lanjutkan ke RT.31 dimana di sana dibangun Sumur Bor yang akan dimanfaatkan oleh warga RT.31.
 Sekitar pukul 15.00 wib rombongan Tim Faskel bersama Askot Infra melanjutkan perjalanan menuju ke Kelurahan Betungan untuk melihat realisasi kegiatan yang jatuh kepada Pak Muklisin di RT.15 dan Pak Khairul Anwar di RT.18. Baru sampai di pom Bensin Kelurahan Betungan Gerimis mulai turun mengiringi kedatangan kami serombongan. Sesampai di rumah Pak Muklisin ternyata beliau sekeluarga sedang melaksanakan rehab rumah, di bawah guyuran hujan, mereka sekeluarga bahu-membahu membangun rumah yang layak untuk mereka tinggali. Kami pun disuguhi kue lebaran dari Pak Muklisin sekeluarga. Lalu dilanjutkan ke rumah Pak Khairul Anwar di RT.18.
Setelah seharian melakukan tinjauan ke lapangan untuk kegiatan lingkungan, rombongan Tim Faskel 03 dan Askot Infra pamit untuk pulang. Harapan kami semoga bantuan yang diberikan pemerintah melalui PNPM-MP dapat bermanfaat dan dirawat. Semoga kita selalu bersemangat dalam Berjihad melawan kemiskinan...!!!.


0 komentar:

Posting Komentar