Selasa, 19 November 2013

Transportasi Lancar Hatiku Senang
Tim Fasilitator 4
Oleh: Fery Julkendro

Sarana transportasi merupakan salah satu sarana penting dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Apabila sarana transportasi lancar, maka biaya transportasi dapat ditekan dan dialokasikan ke kebutuhan lain.
Dulu sarana transportasi yang menghubungkan wilayah RT.6 Kelurahan Penurunan Kecamatan Ratu Samban dengan jalan raya masih berupa jalan setapak yang tiap kali hujan menjadi sangat becek dan licin untuk dilewati orang maupun kendaraan. Hal ini berdampak pada pemborosan waktu, tenaga, dan biaya yang harus dikeluarkan oleh masyarakat, terutama masyarakat miskin.
Ketika Program P2KP atau yang sekarang dikenal dengan nama PNPM Mandiri Perkotaan masuk di Kelurahan Penurunan Kecamatan Ratu Samban pada tahun 2007, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Amanah bersama-sama masyarakat mencoba mengatasi berbagai persoalan masyarakat miskin dengan membuat Program Jangka Menengah (PJM) yang salah satu item kegiatannya adalah pembuatan jalan rabat beton di wilayah RT.6.


Pada tahun 2010, warga RT.6 yang tergabung dalam KSM Cempaka didampingi oleh UPL-BKM Amanah dan Faskel Teknik membuat proposal usulan kegiatan lingkungan berupa pembuatan jalan rabat beton sepanjang 153 M dengan dana BLM sebesar Rp. 31.105.000,- dan swadaya masyarakat sebesar Rp. 13.330.000,-. Swadaya masyarakat berupa hibah lahan, tenaga, peminjaman peralatan dan konsumsi.
Setelah UPL, BKM dan Faskel Teknik melihat langsung usulan kegiatan tersebut dan sepakat untuk memasukkannya ke dalam prioritas kegiatan BLM 2 tahun 2010, maka usulan tersebut segera direalisasikan.
Sekarang jalan tersebut sudah bagus dan transportasi menjadi lancar,masyarakat pun senang. Warga RT.6 juga bersepakat untuk memelihara jalan tersebut agar dapat dimanfaatkan hingga jangka waktu yang cukup lama.

0 komentar:

Posting Komentar