Rabu, 20 November 2013

Oleh: Mimilia, S.Hi.  Fasilitator CD Tim 02

Anggota BKM yang ada disetiap kelurahan pasti ada kekuranga dan kelebihannya masing-masinng. Seperti di kelurahan Tanjung Jaya,  Peran Kartini  sebagai seorang sekretaris BKM dia tak ubahnya seperti Srikandi yang mengemban tanggung jawab keselamatan, keamanan dan kesejahteraan masyarakat disekitarnya.. Pasalnya, ketika para pria (anggota BKM lainnya) surut motivasi dan semangat dalam menggerakkan dinamika organisasi dan kegiatan kemasyarakatan, Kartini  justru bergerak gesit dengan mendatangi rumah-rumah guna membangkitkan semangat dan kepedulian mereka.“Kita mengemban amanah masyarakat. Mari kita tunaikan kewajibandan kita wujudkan harapan mereka,” tuturnya.
Tidak hanya itu, ia juga rajin memberikan sosialisasi kepada anggota KSM dengan bersilaturahmi ke rumah mereka dan menjelaskan tentang pentingnya kepedulian dan kebersamaan dalam mengatasi kebutuhannya, sembari membantu UPK melakukan penagihan angsuran secara ajeg, tak kenal putus asa. Bahkan ia menjadi inisiator terkumpulnya para pemuda yang masih mengangur, dia ingin membuka lahan usaha untuk mereka.
Berbagi kiat tentang upaya mempertahankan eksistensi di tengah dominasi kaum pria, ibu dari beberapa orang putri ini menegaskan, baik perempuan maupun pria sama-sama terlahir dari rahim seorang ibu. “Prinsipnya kita membela dan mempertahankan kebenaran, tak peduli dimanapun atau dengan siapapun,” tegas Kartini. Sungguh, ia sesuai dengan gambaran perempuan berkarakter dan memiliki kebersihan hati untuk mengabdi, yang tak pernah menuntut balas jasa.

0 komentar:

Posting Komentar