Selasa, 19 November 2013


Oleh: Mimilia, S.Hi.  Fasilitator CD Tim 02



Sebagai anggota BKM dan Koordinator, bapak agus Suhardi tergolong baik dan aktif. Hal itu terbukti sejak beliau menjadi koordinator BKM kegiatan PNPM-Mandiri Perkotaan di wilayah Kelurahanng Kampung kelawi mengalami kemajuan, hal itu terutama terlihat dari meningkatnya tingkat pengembalian dari KSM kegiatan ekonomi bergulir dan dalam kegiatan infrastruktur baik jalan, rehab rumah dll. Pada masa kepemimpinan sebelum beliau terdapat kemacetan dana ekonomi bergulir di KSM, kegiatan kurang bermanfaat tetapi dalam masa kepemimpinan beliau tingkat kemajuan, terjadi kelancaran kegiatan, hal itu dikarenakan beliau (dengan mengajak anggota BKM yang lainnya) ikut melakukan survey terhadap KSM untuk melihat kelayakannya dalam menerima dana PNPM P2KP.
Dalam melaksanakan tugasnya sebagai koordinator LKM. Bapak agus Suhardi tergolong teliti, beliau tidak segan-segan untuk mengecek langsung jalannya penyaluran dana BLM sampai ke tingkat anggota Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), contohnya beliau selalu memeriksa sering mengecek langsung ke lapangan kegiatan infra dan anggota KSM ekonomi bergulir tentang jumlah pinjaman yang sudah diangsur dan sisa pinjaman.  Dalam pelaksanaan kegiatan infrastruktur/lingkungan, beliau juga tidak segan-segan untuk “jemput bola” dalam penyelesaian proposal dan Laporan Pertanggung jawaban (LPJ) KSM.
Dalam kegiatan PNPM mandiri Perkotaan (PNPM-MP) tingkat Kota, Bapak agus tergolong aktif.  Beliau sering menghadiri undangan-undangan pertemuan/seminar/workshop dari Pemerintah daerah ataupun instansi lain sehubungan dengan kegiatan PNPM-MP, bahkan dalam Forum Komunikasi Antar LKM (FKA-LKM) kecamatan sungai serut dia selalu hadir.
Sebagai seorang Pemimpin, Bapak agus tergolong hebat. Beliau tetap menjalankan tugasnya sebagai kepala rumah tangga dengan tetap menjalankan kegiatan mencari nafkah untuk keluarga.  Selain itu beliau juga  membantu usaha Istrinya. Diantara kegiatannya yang padat tersebut, Bapak agus masih menyempatkan waktunya untuk kepentingan orang banyak secara swadaya dengan menjadi Anggota BKM, bahkan menjabat sebagai koordinator dan beliau juga bisa  menjalankannya dengan baik.





0 komentar:

Posting Komentar