Selasa, 19 November 2013

(By. Meri Noprita, S.E./ Fas. Ekonomi TF-02 KORKOT 1 BENGKULU)

Kegiatan Program Nasional Pemberdayaan masyarakat mandiri Perkotaan (PNPM Mandiri Perkotaan) meliputi kegiatan tridaya yaitu kegiatan Lingkungan, Ekonomi, dan social. Salah satu kegiatan ekonomi adalah pinjaman dana bergulir, Kegiatan perguliran diharapkan dapat berjalan dan berkelanjutan. karena kegiatan ini adalah salah satu media pembelajaran bagi masyarakat dan disisi lain dengan adanya perguliran dapat menciptakan peluang usaha dalam rangka meningkatkan pendapatan keluarga.

Tingkat keberhasilan kegiatan ekonomi bergulir yang dikelola oleh Unit Pengelola Keuangan (UPK) dipengaruhi oleh banyak aspek, baik dari KSM, BKM maupun pihak-pihak lain yang mempengaruhi keberhasilan perguliran. salah satu nya adalah peran fungsi UPK, sebagai motor penggerak dalam proses pengelolaan dana ekonomi bergulir, komitmen dan etos kerja yang tinggi dari personil UPK sangat berpengaruh terhadap keberhasilan kegiatan ekonomi bergulir.
Sebelumnya kegiatan ekonomi bergulir di BKM “Pancur Mas “  Kelurahan Kampung Kelawi mengalami kemacetan, banyak masyarakat yang tidak mau mengembalikan, karena persepsi masyarakat bahwa ini adalah dana hibah dan tidak perlu lagi dikembalikan, sampai terjadi pergantian pengurus UPK, Karena UPK yang lama tidak sanggup lagi untuk menagih ke masyarakat.
Berkat kegigihan dari UPK baru Ibu Heri yunita, yang setiap hari mendatangi KSM tanpa mengenal lelah dan waktu, untuk menagih dengan cara pendekatan secara kekeluargaan, dan memberikan masukan kepada masyarakat bahwa ini adalah dana masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat sendiri. akhirnya masyarakat mulai mengerti dan mau mengembalikan pinjaman, berapa pun angsuran dari masyarakat dikumpulkan, ada yang ingin membayar harian, mingguan sampai bulanan pun di terima oleh UPK, untuk meringankan mereka mengembalikan pinjaman. Sekarang kegiatan pinjaman bergulir berangsur-angsur berjalan dengan baik kembali, dan masyarakat bisa kembali meminjam.                                                 


0 komentar:

Posting Komentar