Rabu, 20 November 2013

Oleh Desmi Arita, S.Sos

Program PNPM-Mp sudah memasuki tahun ke-4 di kelurahan Pematang Gubernur yang mana PNPM-Mp dimulai dari  tahun 2006. Melalui tahapan siklus ke-3 yang dilakukan tahun 2011 lalu terdapat masyarakat miskin di sini yang masih memiliki rumah yang tidak layak di huni, sehingga dalam penyusunan PJM (Perencanaan  Jangka Menengah) BKM Harapan Maju, bersama Masyarakat dan didukung penuh oleh Bapak Zuntubri,Sh selaku Kepala Kelurahan, menyusun rencana Rehab rumah pada  RENTA 2012 ini. Yang mana kegiatan tersebut  termasuk dalam kegiatan lingkungan / INFRA struktur dengan Rehab rumah KK miskin tersebut  BKM dan masyarakat  berharap sekali masalah kesehatan keluarganya lebih terjamin apabila kondisi rumah yang telah menjadi layak untuk dihuni.

Rumah Sebelum Direhab

Untuk mewujudkan Rumah impian ini banyak pihak yang terlibat. Dalam penyusunan Renta BKM Harapan Maju  yang dikoordinir oleh pak Tahrin Wasul  dan juga Pak RT setempat yang di ketahui oleh Kepala Kelurahan. Serta Penanggung Jawab Kecamatan dan tokoh – tokoh dimasyarakat. Kami Sebagai Fasilisator yang tergabung dalam Tim.06  diantaranya Nuraida,Spdi sebagai Senior Fasilisator, Saya sendiri Desmi Arita,S.sos sebagai Fasilisator CD dan Feny Vabelita,ST & Desiwantemi,ST sebagai Fasilisator Teknik , Sugeng Tasminto,SE sebagai Fasilisator Ekonomi, kami berusaha bekerja maksimal untuk Mendampingi dan memfasilitasi semua kegiatan yang sudah di rencanakan di BKM dan Masyarakat. Dengan semangat Pak tahrin Wasul, Adran,Tamzi, dan beberapa rekan lainnya, serta di bantu penuh juga dengan Pak Dusirwan selaku sekretaris. Rencana ini dapat berjalan. 
Rumah Setelah Direhab
Dari anggaran APBN tahun 2012 pada BLM 1 ini untuk dana rehap rumah pak ujang sebesar Rp. 19.400.000,-. Pada Mulai dari pembentukan KSM Cemara dari bulai Mei tahun 2012 sampai dan pembuatan proposal dari bulan Juni tahun 2012 dan sudah terealisasi pembangunanya,dan pada tanggal 10 Juli kemarin kondisi rumah Ujang Padri yang direhab sudah 100%. Pak Ujang Padjri merupakan warga Rt.02 Rw.01 kelurahan pematang Gubernur, yang memiliki isteri yang bernama Erna dan ketiga anaknya yang masih kecil, Frengki Berusia 10 tahun, Rendi berusia 6tahun, dan deki berusia 2 Tahun. Rumah Pak Ujang Padjri di jalan Peternakankan Hewan,  lokasinya jauh dari rumah penduduk karena ia tinggal di lokasi perternakan dan perkebunan,sehingga agak jauh ketika KSM memasuki bahan material ke lokasi. Pak Ujang padri awal nya memiliki rumah yag hanya berukuran 2x3 meter dengan kondisi lantai tanah dan dinding dari kayu rempesan dan kondisi atap yang sudah bocor,tidak memikiki kamar, sehingga anak-anak sering tekena demam dan penyakit kulit. Karena lingkungan yang kurang bersih dan dingin sehingga masalah kesehatan sering terganggu, Pak ujang padri terlibat langsung dalam KSM dan ia beserta isteri langsung berswadaya tenaga dalam pembangunan rumah mereka, pak Ujang Padjri juga seorang Buruh bangunan sehingga ia mampu untuk bekerja merehab rumahnya. Setelah rumah nya Selesai Pak Ujang ini juga di pinjamkan uang dari UPK untuk dijadikan modal untuk memulai betani sayur, dengan begitu penghasilan keluarga akan bertambah dan kesehatan keluarga akan terjaga.

0 komentar:

Posting Komentar