Rabu, 20 November 2013



Oleh: Mimilia, S.Hi.  Fasilitator CD Tim 02


Sebagai mahkluk sosial kita selalu harus berkerjasama dalam bidang kehidupan, karena kita tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu kebersamaan sangat dituntut untuk kemajuan dan kesejahteraan dalam menunjang pemberdayaan masyarakat supaya menjadi masarakat yang maju dan mandiri. Dalam segi social, seorang pemimpin harus mengetahui keinginan masyarakat, keluhan-keluhan yang dialami dalam kehidupan masyarakat. Semua merupakan inspirasi masyarakat yang harus didengar, terutama di Kelurahan Sungai Serut. Dengan demikian kita dapat mengetahui karakteristik masalah-masalah yang ada dalam masyarakat.
Kepedulian terhadap masyarakat sangat diperlukan terutama pada masyarakat miskin, untuk itu pemimpin harus dapat membedakan apa penyebab utama kemiskinan yang dialami warganya. Selain itu, warga miskin harus dilakukan pendekatan dan sangat perlu bimbingan serta  uluran tangan dari pemerintah. Supaya masalah kemiskinan dapat diminimalisir.
Kepemimpinan yang baik harus mengutamakan kepentingan warganya dan mendahulukan untuk memprioritaskan pemecahan masalah yang akan dilakukan dalam mengatasi masalah kemiskinan yang ada. Untuk memcahakan masalah tersebut harus ada bantuan dana operasioanal dari pemerintah melalui wadah lembaga BKM, LSM, KSM dalam program P2KP. Dengan demikian lembaga-lembaga tersebut dapat membantu meringankan beban masyarakat miskin yang merebak ditengah-tengah dunia globalisasi.
Adapun beberapa program yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan memberdayakan masyarakat agar menjadi lebih mandiri dalam kehidupan sehari-hari antara lain:
1.      Rehap jalan,
2.       Drainase,
3.       Rabat beton,
4.      WC Gakin,
5.      kolam lele,
6.      Pengadaan tenda dan kursi,
7.      Santunan-santunan untuk lansia dan jompo,
8.      Tetapi untuk sekarang pemerintah lebih memprioritaskan program bedah rumah bagi keluarga miskin.
Melalui program-program ini dapat membantu meringankan dan meningkatkan taraf hidup keluarga miskin. Selain itu, pemerintah juga membuka pelatihan-pelatihan atau training secara fisik untuk warga masyarakat Sungai Serut, supaya warga dapat memiliki skill dan menghasilkan produksitivitas yang memuaskan dalam bekerja. Dengan demikian, dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat menjadi lebih baik, sehingga masyarakat dapat hidup lebih mandiri dimana tidak selalu bergantung pada uluran dan menunggu bantuan dari orang yang mampu. Masyarakat juga dapat mengatasi masalah yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari.  




0 komentar:

Posting Komentar