Rabu, 20 November 2013

Best Practise TF 02
By Zuliati,SE

Faskel Ekonomi

Krupuk adalah makanan yang bagi sebagian orang merupakan makanan yang wajib untuk menemani disaat makan nasi dan juga cemilan yang disukai semua umur. Hal inilah yang mendorong IbuErmanida yang lebih dikenal dengan panggilan Ibu Ema untuk mengembangkan usaha krupuk rumahan yang telah dimilikinya. Usaha krupuk ini telah dikembangkan Ibu Ema selama 8 tahunan. Dimulai dengan satu rasa saja yaitu rasa kedelai dan dengan wilayah pemasaran hanya sekitar Kampung Kelawi, dengan modal yang sangat terbatas.   


Setelah program P2kp masuk dikelurahan Kampung kelawi,dan kegiatan dana bergulir mulai dilaksanakan UPK BKM Pancur mas  pada bulan Mei 2008. Ibu Ema mulai memanfaatkan dana pinjaman tersebut dengan tergabung dalam KSM dan jumlah pinjaman pertama sebesar Rp 500.000,-. Dari pinjaman ini lah ibu Ema mulai menambah modal usaha dan terus berkembang sampai dengan pinjaman Rp 2.000.000,- dan akhirnya kembali menambah modalnya dengan meminjam dana DDUB sebesar Rp 3.000.000,-.

Dari rasa krupuk yang satu macam saja yaitu rasa kedelai sekarang ini ada 4 rasa yang dikembangkan yaitu: kedelai,bayam,udang,wortel.  Dan Wilayah pemasarannya pun semakin luas tidak hanya sekitar Kampung Kelawi tapi hampir menjangkau se Kota Bengkulu,disamping langganan-langganan tetap yaitu toko-toko makanan di kota Bengkulu.

Selain menerima pinjaman dari UPK BKM Pancur Mas,Ibu Ema juga menerima bantuan dari instansi-instansi pemerintah seperti dinas social,dinas pertanian. Bantuan yang diterima berupa peralatan usaha. Untuk membantu usahanya, sekarang ini ibu Ema sudah membentuk kelompok yang beranggotakan8 orang dan anggota ini lah yang membantu Ibu Ema untuk proses penggorengan,pengepakan dan pemasaran. Ibu Ema juga sudah mempunyai pembukuan walaupun masihn sederhana.Penghasilan bersih yang didapatkan ibu Ema sebulan sebesar Rp 350.000,-.krupuk Ibu Ema tidak hanya dipasarkan juga sudah sering dipamerkan di pameran-pameran dan acara-acara lokakarya seperti Bengkulu Expo 2012 di Sport centre Pantai panjang,Lokakarya TematikPNPM MP- PMPK di bappeda propinsi. Harapan ibu Ema kedepan krupuknya ini bisa semakin berkembang dan mempunyai Wilayah pemasaran yang semakin luas.


0 komentar:

Posting Komentar